Analitika Manufaktur: Meningkatkan Efisiensi dan Keuntungan dengan IoT Industri

Analitika Manufaktur/Photo by Pexels
Analitika Manufaktur/Photo by Pexels

Di masa lalu, jika Anda ingin mengetahui performa sebuah mesin di lantai pabrik, Anda harus mencatat secara manual menggunakan pensil dan kertas, termasuk menghitung throughput, tingkat kesalahan, kualitas, dan lainnya. Anda harus memperhatikan kualitas input dan ketersediaan bahan baku yang ada. Anda juga harus melihat throughput dari waktu ke waktu untuk mengetahui apakah ada konsistensi kualitas atau kesalahan yang perlu diselidiki.

Dengan kata lain, Anda akan menghabiskan waktu berhari-hari melakukan pekerjaan manual untuk mencari tahu mengapa dan bagaimana proses manufaktur mengalami masalah. Ini bukan penggunaan waktu yang efektif dan merupakan cara yang sangat tidak efisien untuk meningkatkan keuntungan.

Namun, kemudian muncul Internet of Things Industri (IIoT) dan kemampuan untuk memantau mesin secara langsung, menyediakan data dari mesin dan operator yang dapat dianalisis untuk meningkatkan produksi dan kualitas. Menurut penelitian, IIoT memiliki potensi untuk meningkatkan tingkat produktivitas industri manufaktur dan menghasilkan sekitar 1,2 triliun dolar bagi produsen di seluruh dunia.

Apa itu Analitika Manufaktur?

Analitika adalah proses pengumpulan dan manipulasi data dalam jumlah besar untuk mengungkap wawasan. Dalam industri manufaktur, data yang dikumpulkan berasal dari peralatan produksi, manajemen logistik dan rantai pasok, serta operator di lantai pabrik. Data dari berbagai sumber dan proses ini dikumpulkan dan diformat menjadi metrik yang mudah dipahami, untuk mengungkap masalah performa atau kualitas output.

Oleh karena itu, analitika manufaktur melibatkan tidak hanya pengumpulan data, tetapi juga formulasi wawasan yang dapat digunakan di setiap level organisasi. Kemajuan dalam alat dan perangkat lunak di bidang ini berarti proses pengumpulan data tidak lagi dilakukan secara manual, dan analisis data tersedia secara sentral, secara real-time. Hal ini memastikan wawasan analitis tersedia bagi semua orang, mulai dari manajer lantai pabrik hingga CEO untuk ditinjau dan, yang paling penting, diambil tindakan.

Apa Keuntungan yang Diperoleh dengan Memanfaatkan Analitika Manufaktur?

"Penambahan pendapatan (33,1%), peningkatan kepuasan pelanggan (22,1%), dan peningkatan kualitas produk (11%) adalah tiga keuntungan utama dari Analitika Industri."

Ada banyak keuntungan dalam memanfaatkan analitika secara real-time:

  1. Kepuasan Pelanggan: Kemampuan untuk mendeteksi masalah kinerja atau kontrol kualitas pada setiap pesanan secara individu sebelum menjadi masalah yang serius, akan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  2. Ketersediaan Data Real-time: Daripada menunggu masalah terjadi, ketersediaan data secara real-time yang diformat menjadi metrik dan wawasan yang dibuat untuk pengguna tertentu memungkinkan kita mendeteksi masalah mesin secara proaktif, bahkan memprediksi berdasarkan data historis dan penggunaan saat ini.
  3. Mengurangi Kesalahan: Pelacakan Waktu Rata-Rata Antara Kegagalan (MTBF) akan mengoptimalkan proses manufaktur. Dengan MTBF, kesalahan yang dapat menyebabkan barang dibuang akan terdeteksi lebih awal. Deteksi dini berarti biaya yang lebih rendah bagi produsen.
  4. Mengurangi Waktu Downtime yang Tidak Terjadwal: Data real-time juga memungkinkan operator untuk melihat kinerja mesin tertentu secara langsung; keterlambatan dalam produksi atau masalah yang dapat mempengaruhi kualitas dapat terdeteksi secara real-time. Ini memastikan perawatan atau perbaikan yang diperlukan dapat dijadwalkan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada mesin. Dengan demikian, operator dapat menjadi proaktif dalam penanganan perawatan mesin. Pada akhirnya, dengan penerapan kecerdasan buatan (AI) pada data mesin dan analitika data, AI akan memungkinkan mesin memperbaiki dirinya sendiri tanpa pengawasan manusia.
  5. Mengurangi Biaya Produksi: Proses manufaktur yang berbasis data mengoptimalkan penggunaan mesin, memungkinkan perawatan yang dapat diprediksi, dan meningkatkan efisiensi produksi secara keseluruhan. Pengurangan limbah, downtime, dan memaksimalkan jadwal operator menghasilkan penghematan yang signifikan secara berkelanjutan bagi produsen.

Dalam dunia yang semakin dinamis, memanfaatkan analitika manufaktur dan IoT industri adalah langkah penting bagi produsen yang ingin tetap bersaing, meningkatkan produktivitas, dan membuka peluang pertumbuhan baru. Dengan menggunakan data dan wawasan yang diperoleh melalui IIoT, produsen dapat mengoptimalkan proses produksi, meningkatkan kualitas produk, dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.