Mengapa Implementasi IIoT sebuah Manufaktur dapat Gagal?

Mengapa Implementasi IIoT dapat Gagal?/Photo by iStock
Mengapa Implementasi IIoT dapat Gagal?/Photo by iStock

Industrial Internet of Things (IIoT) menggabungkan mesin, analitik canggih, dan manusia. IIoT merupakan jaringan aset dan perangkat yang terhubung melalui teknologi komunikasi yang menghasilkan sistem yang dapat memantau, mengumpulkan, bertukar, menganalisis, dan memberikan wawasan baru yang berharga seperti belum pernah sebelumnya. Wawasan ini dapat membantu pengambilan keputusan bisnis yang lebih cerdas dan cepat bagi para produsen.

Meskipun dampak IIoT terhadap sektor manufaktur sangatlah pentingl, seberapa seriuskah produsen dalam melanjutkan implementasi IIoT dan bagaimana roadmap IIoT mereka? Yuk, ketahui selengkapnya di artikel ini!

Studi Tren IIoT di Perusahaan

Tren IoT di Perusahaan/Photo by Pexels
Tren IoT di Perusahaan/Photo by Pexels
  • 72% perusahaan akan meningkatkan pengeluaran IoT dalam tiga tahun ke depan. Sejumlah perusahaan berencana meningkatkan pengeluaran ini antara 10% hingga 30%, sementara beberapa di antaranya bersedia meningkatkan pengeluaran lebih dari 30%.
  • 60% perusahaan sudah terlibat dalam inisiatif IoT. Namun, lebih dari separuh di antaranya masih berada dalam tahap awal implementasi dan memiliki beberapa proyek IoT yang sedang berlangsung.
  • Pengurangan biaya dianggap sebagai pendorong terbesar untuk mendorong inisiatif IoT sebesar 69% perusahaan. Namun, fakta bahwa peningkatan produk dan pengembangan model bisnis baru menempati posisi kedua dalam daftar pendorong menunjukkan bagaimana investasi IoT dapat diarahkan untuk mendorong pertumbuhan pendapatan daripada hanya mengurangi biaya.

Perusahaan tidak dapat mencapai hasil dari IoT sendirian dan akan membutuhkan bantuan sepanjang jalan. Lebih dari 50% dari mereka terlibat secara intensif dengan perusahaan layanan TI dan perusahaan konsultasi, hal ini wajar mengingat bahwa keberhasilan IoT membutuhkan keahlian yang signifikan baik dari segi penyampaian solusi maupun saran bisnis.

Dari banyak produsen yang mengejar digitalisasi, sejumlah besar di antaranya mungkin tidak akan berhasil.

Menurut studi Cisco tahun 2017, 74% perusahaan yang memulai inisiatif IoT mengalami kegagalan. Lebih sering daripada tidak, proyek melebihi anggaran, waktu implementasi memakan waktu lama, terjadi masalah interoperabilitas di berbagai platform lama atau perencanaan dan sumber daya tidak dialokasikan dengan tepat, sehingga proyek dibatalkan. Tingkat kegagalan ini menyebabkan keengganan yang lebih besar bagi produsen untuk memulai perjalanan transformasi digital mereka.

Faktor-Faktor Kegagalan Implementasi IIoT di Perusahaan

Faktor-Faktor Kegagalan Implementasi IIoT/Photo by Pexels
Faktor-Faktor Kegagalan Implementasi IIoT/Photo by Pexels

Berikut adalah beberapa alasan utama yang kami temukan mengapa implementasi ini terhenti sebelum dimulai:

Belum Memiliki Tujuan yang Jelas

Bisnis harus menjadi penggerak teknologi, bukan sebaliknya, tetapi seringkali proyek transformasi didorong oleh teknologi baru yang mengkilap daripada tujuan bisnis. Dalam banyak kasus ini, proof of concept (POC) dimulai dengan tujuan mengimplementasikan teknologi hanya demi teknologi, tanpa memiliki hasil yang jelas dalam pikiran. Tujuan jarang sejalan dan detailnya sering diabaikan. Oleh karena itu, ketika proyek berjalan dengan cepat, kurangnya informasi ini mengakibatkan ketidakmampuan untuk mengukur kesuksesan proyek sesuai dengan harapan.

Tidak Memiliki Rencana Skala

Banyak perusahaan memulai implementasi tanpa memiliki rencana perluasan. Sementara penting untuk membuktikan konsep sebelum melakukan investasi besar-besaran, sama pentingnya untuk merencanakan langkah-langkah selanjutnya dalam roadmap pengembangan. Bagaimana jika ini berhasil? Di mana kita akan mengembangkan teknologi ini selanjutnya? Seringkali, pilot dijalankan tanpa pengetahuan dari fasilitas, lokasi, dan departemen lainnya. Tanpa roadmap dan/atau komunikasi tentang tujuan POC, bahkan implementasi yang paling sukses bisa berakhir dalam keadaan purgatori pilot.

Kesalahan dalam Memilih Pemimpin

Memiliki orang yang tepat adalah kunci untuk keberhasilan implementasi IIoT, dan bakat tersebut sering sulit ditemukan karena teknologi ini masih relatif baru dan terus berkembang. Tanpa orang yang tepat yang memimpin, sulit untuk mengatasi masalah internal tertentu yang dapat menghancurkan kesuksesan POC. Misalnya, tanpa dukungan dari departemen TI internal, kesalahan konektivitas jaringan mungkin disalahkan pada penyedia teknologi IoT bukan karena kurangnya kemampuan TI internal.

Kurangnya Kolaborasi dalam Tim

Proyek IoT memiliki beberapa komponen yang saling tergantung, seperti perangkat keras, perangkat lunak perangkat, implementasi tumpukan protokol, sistem gateway, sistem backend, aplikasi pengguna akhir, analitik, dll. Beberapa tim independen bekerja pada komponen-komponen ini, yang memiliki ketergantungan yang sangat tinggi satu sama lain. Mereka harus bekerja secara kolaboratif dengan komunikasi yang jelas dan tepat secara teratur. Namun, seringkali kerjasama tim tidak berjalan sempurna, menyebabkan situasi yang tidak diinginkan.

Manajemen Masih Kurang Berkomitmen

Perubahan baru diharapkan akan menimbulkan hambatan. Perubahan diharapkan menghadapi resistensi internal dan eksternal, dan terkadang kritik yang berlebihan. Dalam situasi seperti itu, penting bahwa semua pemangku kepentingan yang penting terlibat dan memberikan dukungan penuh mereka. Dukungan dan dukungan penting dari manajemen senior adalah kunci kesuksesan inisiatif semacam itu dalam situasi sulit. Kesabaran adalah kuncinya dan hasil akan mengikuti. Jika ada perubahan sering dalam prioritas manajemen, itu pasti akan mengarah pada kegagalan.

Dengan memahami tantangan dan hambatan yang mungkin dihadapi dalam implementasi IIoT, produsen dapat meningkatkan peluang kesuksesan mereka. Penting untuk memiliki tujuan yang jelas, rencana skala, kepemimpinan yang kompeten, tim internal yang kolaboratif, dan komitmen manajemen yang kuat. Dengan pendekatan yang matang dan komprehensif, produsen dapat meraih manfaat maksimal dari revolusi IoT dalam dunia manufaktur.

Bagi Anda yang merasa membutuhkan bantuan perusahaan digitalisasi manufaktur setelah membaca artikel ini, segera hubungi Evomo untuk menemukan solusi terbaik untuk perusahaan Anda.

Anda juga dapat mengikuti uji coba gratis yang disediakan berikut ini. Yuk, tanpa berlama-lama lagi segera kunjungi website kami!